5 Cara Mencegah Cat Menjadi Kusam Dan Memudar

Cat dari mobil Hyundai kesayangan Anda adalah tanda visual pertama yang orang lain lihat tentang mobil Anda.

Mobil dengan cat yang kusam dan memudar seringkali dinilai miring dan dianggap tidak terawat. Hal ini pun bisa berdampak ke harga mobil yang juga dinilai miring.

Memperbaiki cat yang kusam dan pudar pun tidak mudah. Namun PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 5 cara untuk mencegah hal tersebut terjadi.

1. Parkir Di Tempat Teduh

Usahakan untuk memarkirkan mobil Hyundai kesayangan Anda di tempat yang teduh. Sinar UV yang kuat berpotensi membuat lapisan clear coat dari mobil menipis dan membuatnya terlihat kusam.

2. Hindari Pohon

Meskipun harus parkir di tempat teduh, sebaiknya hindari parkir di bawah pohon. Getah pohon dan kotoran dari burung memiliki kandungan asam yang dapat menggerogoti lapisan clear coat secara perlahan, terutama bila ditinggalkan dalam waktu lama.

3. Cover Mobil Indoor

Jika menggunakan sarung mobil, sebaiknya jangan gunakan untuk luar ruangan (outdoor), melainkan dalam ruangan (indoor). Jika digunakan di luar ruangan, panas matahari tidak bisa keluar dari sarung dalam sarung mobil. Kondisi mobil bisa jadi lembab karena panas tersebut.

4. Lapisan Pelindung

Berikanlah lapisan pelindung pada mobil. Paling mudah adalah wax dan jika memungkinkan, berikan lapisan coating yang tahan lama untuk mobil.

5. Rajin Cuci Mobil

Cara termudah adalah rajin mencuci mobil. Dengan rajin mencuci mobil, lapisan kotoran dan kerak tidak akan menumpuk dan tidak merusak lapisan cat mobil.

Itulah 5 cara menjaga cat mobil agar tidak kusam dan tidak memudar. Ada baiknya hal sederhana seperti ini dipraktekkan dan dilakukan secara rutin.