Bisakah Mobil Elektrik Hyundai Menerjang Banjir?

Musim hujan seringkali menyebabkan banjir di beberapa daerah. Banjir ini pun seringkali menimbulkan pertanyaan untuk pengguna mobil elektrik, misalnya Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, maupun model lawas seperti Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq Electric.

“Apakah aman untuk menerjang banjir menggunakan mobil elektrik?” Jawabannya nyatanya tidak serumit itu, PT Hyundai Mobil Indonesia akan jelaskan.

Pertama, perlu diketahui bahwa mobil elektrik lebih aman dibandingkan dengan mesin pembakaran internal. Apalagi, mesin elektrik tidak memerlukan intake udara untuk proses pembakaran.

Kemudian, mobil elektrik seperti Hyundai Ioniq 5, Hyundai Ioniq 6, Hyundai Ioniq Electric, maupun Hyundai Kona Electric telah diuji coba secara mendalam untuk menguji ketahanannya, baik dari segi kekedapan air, tes bakar, uji tabrak dan tentu saja uji ketahanan banjir.

Namun, komponen elektrik tentunya tetap rawan terkena air dan rawan korslet. Sehingga, Bapak Wicak selaku Trainer dari PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk tidak melalui banjir yang melebihi setengah ukuran roda.

Hal ini untuk mencegah air masuk ke kabin, serta mencegah berbagai komponen elektrikal lainnya rusak karena terkena banjir.

Sehingga bisa dipastikan aman untuk menerjang banjir menggunakan mobil elektrik Hyundai dan tidak perlu khawatir tersetrum. Namun tetap pastikan banjir tidak terlalu dalam karena tetap bisa menimbulkan kerusakan.