Ganti Oli Lebih Cepat, Apakah Boleh?

Setiap mobil Hyundai tentu wajib menjalani perawatan rutin seperti ganti oli. Prosedur rutin ini adalah salah satu perawatan wajib yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik mobil.

Pada Hyundai Stargazer misalnya, buku manual menerapkan Hyundai Stargazer sebaiknya mengalami penggantian oli dengan interval 15.000 Km.

Lantas, apakah boleh mengganti oli dengan interval yang lebih cepat? Misalnya 10.000 Km atau bahkan 5.000 Km. Jawabannya tentu saja boleh! Bahkan direkomendasikan pada beberapa kondisi:

Pertama, jika pemilik memilih untuk menggunakan jenis oli lain, misalnya non sintetis, maka wajib mengganti oli dengan interval yang lebih pendek karena oli non sintetis memiliki daya tahan yang lebih rendah. Oli non sintetis memiliki interval maksimal 5.000 Km.

Kemudian, jika mobil sering digunakan melalui medan berat, misalnya menanjak, bertahan di putaran tinggi, oli bisa saja menjadi panas dan mengalami degradasi. Sebaiknya diganti dengan lebih cepat.

Secara pasti, ada baiknya untuk sesekali mengecek kondisi oli melalui dipstick. Jika sudah mulai menghitam, maka ada baiknya melakukan penggantian oli.